DANA ALOKASI KHUSUS (DAK)

by 01.08 0 komentar
Hai semua, sekarang aku mau nulis sesuatu nih, tentang sebuah dana yang disediakan oleh pemerintah Kabupaten Bojonegoro. Kak mana sih Bojonegoro itu? Mungkin banyak yang belom tau dimana sih Bojonegoro itu. Bojonegoro adalah, sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur, yang merupakan perbatasan antara Jawa Timur dan Jawa Tengah. Bisa dicari di Google Map kok. 
Nah, Bojonegoro sendiri memiliki beberapa julukan nih, salah satunya yaitu kota Ledre. Ledre  itu apa sih kak? Ledre itu makanan khas yang berasal dari Bojonegoro. Bagi yang mau coba, langsung aja ya datang ke Kota Bojonegoro.
Sekarang udah pada tau sedikit kan tentang Kota Bojonegoro. Kalo gitu, yuk kita bahas tentang Dana Alokasi Khusus atau lebih sering dikenal dengan DAK yang Ada di Bojonegoro.

Pertama, yuk kita bahas apa sih itu DAK?
DAK merupakan sebuah dana dari pemerintah yang dialokasikan khusus untuk dana pendidikan siswa SMA yang ada di Bojonegoro. Jadi dana ini diberikan khusus untuk siswa/siswi SMA/Sederajat yang berada di Bojonegoro. Kak apa semua siswa/siswi yang bersekolah di Bojonegoro akan mendapat dana tersebut? Tentu saja tidak. Mengapa? karena dana tersebut hanya diberikan kepada siswa/siswi dengan Kartu Keluarga Bojonegoro. Siswa/siswi yang berasa dari luar Kabupaten Bojonegoro tidak akan mendapat DAK tersebut, walaupun dia kini telah menempuh pendidikan SMA/Sederajatnya di Kabupaten Bojonegoro.

Trus gimana sih kak proses yang harus kita tempuh biar kita bisa dapet dana DAK?
Awalnya DAK itu dicairkan lewat desa tempat tinggalnya masing-masing. Jadi awalnya kita akan dikumpulkan oleh desa dengan membawa Kartu Keluarga yang akan digunakan untuk membuka rekening bank. Bank yang digunakan pemerintah Bojonegoro untuk mengalokasikan dana tersebut adalah Bank BPR. setelah itu, kita akan mendapat rekening dari desa dan mendapat pencairan dana yang pertama. Setelah pencairan pertama dari desa, pencairan selanjutnya dicairkan lewat sekolah masing-masing. Jadi, DAK tersebut kemudian akan dicairkan lewat sekolah untuk pengambilan dana selanjutnya.

Selanjutnya, DAK itu sebenernya digunakan untuk apa?
Sebenarnya dana itu digunakan untuk membantu orang tua untuk meringankan biaya sekolah, misalnya untuk membayar SPP atau untuk iuran sekolah lainnya. Jika masih lebih juga bisa digunakan untuk membeli kebutuhan sekolah lainnya.

Trus kalo kakak dananya dibuat apa?
Mungkin ada yang kepo nih, dibuat apa sih DAK ini sama penulis? Kalo aku secara pribadi, DAK ini aku gunain buat beli buku sekolah, trus buat beli alat-alat tulis, dan karena kemaren masih ada sisanya jadi aku tabung deh. Beneran lo ini, ngga bohong wkwk...

Udah ya itu dulu aja soal DAK Pemerintah Kabupaten Bojonegoro. Kalo aku sih sangat berterima kasih banget intinya sama Pemerintah Kabupaten Bojonegoro yang perhatian banget sama siswa/siswi asli Bojonegoro. Dana ini sangat membantu siswa/siswi Bojonegoro dalam memenuhi kebutuhan sekolahnya dan DAK ini bisa meringankan tanggungan orang tua juga. Sehingga dengan adanya dana tersebut, keinginginan anak untuk bersekolah tidak akan terhenti karena tidak adanya dana atau ketidakmampuan orang tua untuk membiayai sekolah anaknya.

Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar